Pages

Thursday, February 24, 2011

Virtual School


Sejak diperkenalkan oleh teman-teman penggiat pendidikan, aku ingin sekali ada sekolah virtual untuk Donna. Kenapa? Karena dengan Virtual School, anak-anak tidak perlu mendatangi gedung fisik bernama SEKOLAH tiap hari (mungkin bisa 2-3 kali seminggu saja). Betapa hematnya (BBM, waktu, tenaga, tidak perlu terburu-buru tiap hari). Dan aku tak perlu menyetrika seragamnya tiap hari ha ha ha (maklum tanpa asisten sama sekali).
Selasa malam tgl 22 Februari kemarin Donna mengikuti sebuah kelas Virtual di secondlife.com, difasilitasi oleh Ms Ines (science teacher from German Int'l School, sekaligus penggiat pendidikan), temanya kali ini mengenai "Water". Dan pengajarnya adalah Prof Zeppo Romano (Prof Bill Shields, Geology Professor from Illinois State University). Wow...coba bayangkan, anakku yang baru kelas 2 SD diajar seorang profesor yang baik dan sabar. Terus terang, di mana kita bisa mendapatkan hal yang begini ini di Real Life (khususnya Indonesia) for free lagi?? Oh dear...oh dear...
Begitu banyaknya pendidik berkualitas yang berkenan membagikan ilmunya dengan tulus.
Aku yang bisa dibilang gaptek pun berusaha sebisa mungkin belajar (di antara waktuku yang serba mepet-pet) menggunakan proses pembelajaran virtual ini, untuk Donna tentunya nantinya.
Sayang aku tak sempat mengambil foto saat kelas sedang berlangsung (keasyikan:)), dan waktu terasa begitu cepat berlalu menuju waktunya Donna tidur (dengan enggan dia setuju untuk tidur karena besok pagi sekolah). Memang kekurangan model virtual class ini adalah perbedaan waktu antara "guru" di belahan sana dengan "murid" di belahan dunia satunya, yang satu pagi yang satunya malam.
Foto di atas adalah foto avatarku sedang exploring Virtual Africa.
Beberapa temanku sangat menguatirkan sistem pembelajaran seperti ini ("Berbahaya",katanya). Betul. Tapi cuma pisau yang tajamlah yang berguna,jawabku. Tugas kita membimbingnya menggunakan dengan baik, untuk menghasilkan masakan yang enak bukan untuk hal kriminal.
Berharap akan ada sebuah Virtual School soon...

No comments: