Pages

Monday, February 21, 2011

Enrichment 2


Donna sebagai anak yang kebutuhannya berbeda jauh dengan Liza kakaknya, tentu memerlukan lebih banyak kegiatan & variasinya. Selain suka bikin experiment sendiri, Donna juga kadang memasak (tentu yang ringan sesuai usianya yang baru mau tujuh tahun), berenang, mengarang cerita & memberi ilustrasi, dll. Itu tentu di luar kursus piano dan kursus bahasa Mandarin (satu-satunya kursus yang 'berbau akademik') dan tentu saja : suka bermain!
Belum lama ini berdiri Klub Oase di mana kami menjadi anggotanya. Klub Oase merupakan wadah berkegiatan ekstra kurikuler bagi anak homeschooling dan kegiatan afterschooling bagi anak sekolah. Kegiatan ini berbasis keluarga, dalam arti orangtua terlibat penuh dalam setiap kegiatan. Didalamnya bisa kita temui banyak teman-teman yang senantiasa tulus berbagi untuk kemajuan bersama, orang-orang hebat yang low profile :-). Memang baru 2 x pertemuan, tapi sudah terasa manfaatnya (selain mendapat pengetahuan, juga bertemu teman-teman yang benar-benar peduli dan tahu tentang pendidikan).
Waktu pertemuan yang pertama, Liza cuma jadi penggembira. Tapi 'sambung rasa' Donna dengan kakaknya tetap ada. Pada penutup acara anak-anak membuat sandwich telur. Setelah makan kira-kira sepertiga bagian, Donna berinisiatif share sandwich tersebut dengan papa dan kakaknya yang duduk di lokasi lain (sambil menonton kegiatan yang berlangsung). Tidak ada yang mengingatkan apalagi menyuruh.
Sacara guyon saya & suami menjuluki keluarga kami ini bagaikan rombongan sirkus, ke mana pun kami pergi selalu bersama-sama.
Berandai-andai...Andai ada banyak keluarga mau bergandengan tangan bersama memajukan pendidikan seperti ini, mendirikan "klub Oase-Klub Oase" yang lain di seluruh pelosok Indonesia...

No comments: