Pages

Thursday, June 19, 2008

Kala Liza Sakit


Tahun ini ketika Liza sakit, saya sudah punya ‘asisten’ kecil berusia 4 tahun : Donna!

Maret lalu Liza sakit thypus (dirawat di rumah), dan harus beristirahat total. Mungkin karena kasihan melihat kakaknya hanya bisa tergolek saja, Donna berinisiatif ‘membacakan’ buku untuk Liza. Donna yang belum bisa baca begitu percaya diri ‘membacakan’ buku untuk Liza yang lancar baca. Lalu pemandangan selanjutnya membuat saya harus menahan tawa :
Liza dengan wajah bingung menatap Donna lalu menatap halaman buku yang sedang ‘dibacakan’, begitu terus bergantian. Mungkin dalam hati Liza ngomong begini :”Donna nih ngomong apaan sih… kok gak sama ya sama yang tertulis?”

Awal Mei kemarin, sehabis hiking di cibubur kami makan siang di suatu mall sekitar situ. Sehabis makan siang Liza muntah-muntah (sebelumnya memang dia tampak kurang begitu ceria, jadi kami putuskan hiking yang tidak terlalu jauh lokasinya). Tampaknya Liza masuk angin.
Waktu perjalanan pulang, di mobil, Liza berbaring di kursi. Saya lalu membacakan cerita untuk Liza, yang diambil dari salah satu buku favoritnya, tanpa buku tentunya (karena nggak bawa bukunya + hapal luar kepala saking seringnya dulu membacakan untuk Liza kecil). Setelah selesai,Liza tampak mendingan.
Melihat hal itu, Donna juga ingin melakukan hal yang sama seperti yang saya lakukan, dengan cerita berbeda yang dia tahu jadi favorit kakaknya. Berhubung Donna tidak hapal, maka saya jadi ‘pembisik’ dibalik punggungnya.
Maka adegan berikutnya juga membuat saya harus menahan tawa lagi:
Liza bangkit duduk menatap Donna dengan exciting, lalu mengintip si ‘pembisik’ sampai selesai berbisik, lalu ke Donna lagi, begitu bolak-balik. Dan ketika kalimat yang saya bisikkan terlalu panjang sehingga Donna lupa bagian akhirnya, Liza menunggu sejenak sementara Donna berpikir keras… lalu Liza berinisiatif melanjutkan kalimat tsb! Ha…ha…ha… pokoknya semua jadi senang. Liza senang karena itu bacaan favoritnya, Donna senang karena merasa membuat Liza senang, dan papa mama mereka pun senang melihat adegan itu. Jadinya acara hiking hari itu happy end :D

1 comment:

Unknown said...

ci lien masuk friendster ga? hehehehe... kalo masuk add donk... emailku veryawan@hotmail.com

:P
Lie Siang