Pages

Thursday, August 4, 2011

Jus Sayur Buah (Smoothie) untuk Pemula

Ada beberapa teman yang bertanya: kalau untuk anakku yang nggak suka sayur, bagaimana membuat jus sayur-buahnya? yang mbak Ratna buat itu kayaknya kok mengerikan, terlalu banyak macamnya.
Kalau untuk pemula menurut saya, sayurnya sedikit saja dulu. Buah yang utama adalah pisang, biasanya saya campur nanas. Boleh juga campur semangka/melon.
Lalu cari sayur yang kira-kira cocok.Cari sayur yang rasanya netral (sebelum memilih coba cicip, kalau cenderung manis/tawar, berarti akan cukup ok untuk dicampurkan), semisal bayam, caisim, toge, bokchoy. Semuanya mentah. Ada juga sayur yang manis/tawar seperti buncis, wortel, kacang panjang, tapi kalau diblender bersama buah, akan terasa "kasar". Bagi yang anti sayur tentu ini bukan pilihan yang menyenangkan.
Sayur yang sudah dipilih dicuci & siangi, lalu direndam sebentar, sekitar 5 menitan, dalam air matang yang sudah dicampur garam & perasan lemon/jeruk nipis. Untuk awal sayurnya sedikit saja dulu, sejumput. Kalau anak tidak menolak, besoknya bisa ditambahkan baik dari segi jumlah maupun macamnya.
Perhatikan juga warnanya agar senada & tidak tabrak lari (jadi cokelat). Kecuali si anak oke-oke saja dengan warna seperti itu. Dan air yang digunakan untuk memblender usahakan sedikit saja, kira-kira supaya semua isinya bisa terblender dengan baik.

2 comments:

Metta Yapari said...

Kegunaannya apa aja C Ratna?

https://drawingofmind.blogspot.com said...

Kegunaannya banyak Metta, tapi secara keseluruhan menjaga kesehatan dalam arti lebih tahan terhadap serangan penyakit, dan kalaupun sakit masa penyembuhannya jadi lebih cepat. Itu dikarenakan sifatnya yg basa. Virus tidak mau dan tidak tahan hidup di situasi yg basa.
Sel2 tubuh juga jadi sehat sekali, jadi jauh sama penyakit degeneratif.
Dan bonusnya : tubuh langsing & kulit sehat bercahaya.
Begitu Metta :D