Pages

Sunday, January 22, 2012

Unlimited Passionate Learning Process

Diawali dari betapa banyak kali aku merasa "melukai" niat belajar Donna.
Niatnya belajar Ancient Egypt dan hieroglyph : "Yah waktunya sudah gak ada Donna, kamu musti ngerjain PR A, B, C dari sekolah". :(
Lain waktu : "Ma aku mau bikin lapbook tentang belalang. Aku mau memotret belalang di sekitar kita". "Besok-besok ya Donna, kan besok musti ngumpulin tugas ini dan itu". :((
Tak terhitung aku harus menghentikan keasikannya membaca, baik ketika membaca buku fiksi maupun non fiksi :'(, sudah malam besok gak bisa bangun pagi-pagi ke sekolah, masih banyak PR, dll.
Ya ampuun...aku juga tersiksa sekali dengan keadaan ini. Walaupun aku tidak menekan Donna dalam masalah sekolah dan nilai, tetap saja tugas dan PR sekolah tentu menyita waktu.
Di sekolah juga ada pelajaran yang menurutku "tidak berguna" yakni Sempoa. Untuk apa? Aku tidak ingin menjadikan anakku kalkulator. Jawaban sekolah bahwa itu untuk balancing otak kiri dan kanan, Donna sudah belajar piano (baca not balok & main piano, otak kiri & kanan). Balancing dengan cara yang menyenangkan. Belum lagi PR Sempoa sangat menyita waktu. :(
Ada lagi PR yang menghabiskan waktu : Menulis Halus. Tulisan tangan Donna sudah bagus untuk anak usia 7 th. Tapi sekolah adalah tempat belajar yang umum, kalau ada temannya yang belum bagus tulisannya tentu sekelas dapat PR menulis halus semua. :(
Di sisi lain aku meyakini bahwa Passion + Focus = Masterpiece.
Dan pencerahan dari temanku Devi Sutarsi tentang "Jack all of trades, master of none" menambah keyakinan & kemantapan diriku : Home Education!
Tapi aku tetap harus mempersiapkan segalanya. Terutama dalam makin memandirikan Liza sebanyak mungkin, sehingga aku punya waktu lebih banyak untuk dibagi ke Donna. Terus terang hal ini tidak mudah. Sebenarnya Donna juga sudah tak sabar , "Kenapa aku harus menunggu lulus SD dulu untuk memulai homeschooling?"
Sabar.Sekarang Donna kelas 3 SD. Waktunya akan tiba, di mana Donna bisa mengalami Unlimited Passionate Learning Process.

4 comments:

Maria Magdalena said...

Mantap!!! Semoga cita-citanya bisa tercapai ^_^

https://drawingofmind.blogspot.com said...

AMIN! Suwun Maria :D

Eka said...

I can't wait too, Ratna and Donna! :) You are both wonderful women!

https://drawingofmind.blogspot.com said...

Iya mom Eka, semoga kami bisa tiba di sana bergandengan tangan bersamamu menapaki that wonderful path ^_^